Rabu, 12 Juni 2013

Kampus Teknologi Informasi

Di era globalisasi seperti saat ini penggunaan teknologi informasi (TI) dalam kehidupan sehari-hari memang tak dapat diabaikan lagi. Mobilitas penduduk yang semakin cepat di setiap saat menuntut individu untuk melakukan segala sesuatu secara cepat, tepat,dan efisien. Guna menjawab tuntutan ini, penggunaan TI sudah tidak dapat lagi dilepaskan dalam setiap aspek kehidupan. Maka dari itu Universitas Budi Luhur mengunggulkan Kampus Teknologi Informasi. Agar para mahasiswa cerdas berbudi luhur dalam sikap dan kecerdasan intelektual. Mengajarkan mahasiswa akan majunya dan pesatnya perkembangan Teknologi Informasi. Dengan adanya Kampus Teknologi Informasi yang ada di Universitas Budi Luhur, kampus Budi Luhur menjadi kampus yang ternama dan kampus pertama swasta yang ada di Jakarta. Mengedepankan Kampus Teknologi Informasi yang semakin canggih dan berkembang. Dengan canggihnya jaman sekarang, jika ada pengumuman atau pendaftaran di Kampus Teknologi Informasi ini bisa membuka atau mengakses b. Di dalam posting harus terdapat link ke http://www.budiluhur.ac.id.

 
Semua informasi yang ada di Universitas Budi Luhur atau Kampus Teknologi Informasi semuanya ada di situ. Di Kampus Teknologi Informasi Budi Luhur ini, terdapat dua jurusan yaitu Teknik Informatika dan Sistem Informasi. Untuk lebih jelasnya membuka website Kampus Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur ke http://www.budiluhur.ac.id. Selain Kampus Teknolgi Informasi, juga banyak fakultas-fakultas yang ada di Universitas Budi Luhur. Akan tetapi lebih terkenalnya dan lebih mengedepankan Kampus Teknologi Informasi.
 Dengan adanya kecanggihan informasi yang ada kita bisa mengakses dengan secepat mungkin. Bayangkan, jarak dan waktu yang dulu menjadi masalah untuk masyarakat global, dapat diatasi dengan perkembangan TI yang semakin mutakhir.Salah satu aspek kehidupan yang telah tersentuh kemutakhiran TI adalah sistem. Sistem yang dulunya dilakukan secara manual dan membutuhkan tatap-muka antar pihak-pihak yang terlibat, sekarang dapat dilakukan dari tempat yang berjauhan tanpa dihalangi jarak dan waktu. Sebagai contoh, adalah kegiatan perbankan yang telah menggunakan TI sebagai sarana kegiatannya.Berbagai transaksi perbankan sudah mungkin dilakukan dengan menggunakan koneksi internet dan sarana telekomunikasi lainnya. e-Banking yang kerap digalakkan Bank di media komunikasi adalah layanan yang memungkinkan nasabah Bank untuk memperoleh informasi, melakukan komunikasi, dan melakukan transaksi perbankan melalui media elektronik, yangantara lain ATM, phone banking, electronic fund transfer, internet banking, dan mobile phone yangtentu saja mendukung kebutuhan masyarakat global saat ini. Pengaruh penggunaan TI juga sudah mulai memasuki dunia pendidikan. Khususnya di Universitas Budi Luhur atau Kampus Teknologi Informasi.
Dalam hal teknis misalnya, sistem absensi yang dilakukan secara konvensional seperti absensi dengan tanda tangan dan pemanggilan nama siswa yang dilakukan oleh guru sudah mulai berubah menjadi sistem handkey dan fingerprint. Penggunaan slide presentasi untuk menggantikan papan tulis juga salah satu pengaplikasian TI yang sudah tak asing lagi kita lihat di Kampus Teknologi Informasi Budi Luhur. Selain itu juga sistem belajar dengan sistem Elearning, yang memudahkan mahasiswa belajar dimana saja dengan cara mengakses internet atau dengan membuka website http://www.budiluhur.ac.id, lalu memilih atau mengklik http://elearning.budiluhur.ac.id, jadi tidak perlu datang kekampus untuk belajar. Pengaruh TI yang cukup menggebrak dalam dunia pendidikan adalah e-Education. Istilah yang masih asing bagi kebanyakan masyarakat Indonesia ini adalah suatu bentuk pendidikan, di mana sumber informasi bukanlah menjadi masalah lagi. Referensi dan informasi dapat diperoleh dengan mudahnya karena sudah dibentuk dalam format digital dan dapat diakses oleh tiap orang di setiap tempat di seluruh dunia.
 Pengubahan sistem yang dilakukan TI yang paling revolusioner adalah dalam dunia komunikasi. Hubungan antara orang yang satu dengan orang yang lain yang letaknya berjauhan secara fisik dapat dilakukan terasa lebih dekat dengan adanya media komunikasi berbasis teknologi ini. Berbagai jejaring sosial mulai bermunculan dan menarik perhatian masyarakat. Sebut saja Facebook, Twitter, Friendster dan My Space yang menjadi tren di masyarakat. Dan kini telah hadir sarana komunikasi yang dapat mengatasi kebutuhan visual dalam berkomunikasi, yaitu Skype dengan fasilitas video call-nya. Dari media-media komunikasi inipun,kita dapat mengetahui fungsi dari TI yang semakin hari semakin berkembang. Tentu saja, penggunaan teknologi ini akan mengubah pola hidup manusia. Di era serba digital ini, masalah jarak dan waktu bukan menjadi hambatan lagi. Berbagai kegiatan dapat dilakukan dari satu tempat dengan bantuan teknologi. Ketika setiap individu dituntut untuk memaksimalkan kualitas pekerjaannya, kebutuhan akan informasi dan koneksi dengan berbagai pihak adalah sangat tinggi. Hal ini tentu membuat TI menjadi suatu kebutuhan yang tak terelakkan lagi. Berbagai kemudahan yang ditawarkan sistem berbasis TI akan sangat membantu hidup manusia. Semua kegiatan yang menghabiskan waktu dan biaya, seperti mengantri di loket PLN dan bank dapat dilakukan secara elektronik dan online langsung dari rumah. Layaknya dua sisi mata uang yang berbeda, penggunaan TI juga memiliki dampak negatif bagi para penggunanya.
 Akan tetapi Kampus Teknologi Informasi mengajarkan sesuatu yang cerdas dan berbudi luhur, mengaplikasikan ilmu nya dengan bermanfaat, dan dilarang menyalahgunakan ilmu-ilmu yang di ajarin di Kampus Teknologi Informasi Budi Luhur ini. Isu-isu sosial seperti bullying di dunia maya dan menurunnya interaksi nyata di masyarakat membuat esensi dari tujuan penggunaan teknologi dipertanyakan. Pun dalam segi keamanan, kemajuan teknologi membuat pergeseran berbagai bentuk kejahatan. Cyber crime menjadi bentuk kejahatan yang kerap terjadi dan sulit diatasi karena pelaku seperti tidak meninggalkan jejak dan sulit dilacak. Dan masih banyak lagi masalah-masalah yang belakangan ini timbul karena salah dalam menggunakan teknologi. Sebenarnya, penggunaan teknologi yang menjadi kontradiksi ini patutnya dikembalikan lagi kepada pengguna teknologi tersebut. Seperti api, pisau, dan semua benda lainnya, bagaimana cara menggunakan dan implikasinya tergantung masing-masing individu karena manusialah yang memiliki akal untuk menentukan apa yang baik dan buruk baginya. Teknologi akan terus berkembang selama manusia masih berinovasi dan berkreasi untuk memudahkan hidupnya. Lalu, menjadi sebuah pertanyaan besar bagi kita sebelum menerima perkembangan teknologi yang lebih besar lagi, apakah kita sudah siap dengan perubahan itu sendiri?

2 komentar:

astore widget

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate