Rabu, 12 Juni 2013

Kuliah Komputer di Kampus Fakultas Informasi


Kuliah Jurusan Komputer

Kuliah jurusan komputer sama juga dengan kuliah jurusan teknik informatika, di sini saya tidak membedakan keduanya karena keduanya sangat tipis bedanya. Di Universitas Budi Luhur atau Kampus Teknologi Informasi dibagi menjadi 2 jurusan yaitu Teknik Informatika dan Sistem Informasi untuk lebih jelasnya liat http://www.budiluhur.ac.id.
Pernahkah terbayang dimata kita seperti apakah kuliah jurusan komputer itu?? Kalau menurut saya sebelum saya kuliah di Kampus Teknologi Informasi, kuliah jurusan komputer itu menangani semua urusan komputer mulai dari mengetik, memperbaiki komputer yang rusak dan lain sebagainya. Bahkan kita juga bisa membuat mesin komputer sendiri, tetapi setelah memasuki perkuliahan di Kampus Teknolgi Infromasi Budi Luhur hal itu semua berbeda sekali dengan yang saya bayangkan dan ternyata kuliah jurusan komputer itu terbagi menjadi 3 bagian sesuai yang ada di website http://www.budiluhur.ac.id . Yang pertama teknik komputer atau teknik informatika yaitu yang menangani pembuatan program-program, software atau sistem komputer. Yang kedua adalah managemen sistem informasi yaitu yang menganalisa suatu sistem komputerisasi dan yang terakhir adalah science informatika atau yang biasa disebut dengan ilmu komputerisasi yaitu yang handling semua yang berhubungan dengan otomatisasi, robotic dan lain sebagainya. 


Terus terang saya dulu tertarik dengan jurusan komputer karena membayangkan dapat membuat sebuah robot atau apa saja yang bisa otomatisasi dan ternyata jurusan yang saya ambil sudah pas hanya saja tempatnya yang kurang pas :D. tempat perkuliahan saya di Kampus Teknologi Informasi Budi Luhur lebih mengarah pada jurusan komputer yang pertama yaitu mendesain sistem komputerisasi yang semuanya difungsikan untuk sebuah sistem informasi.

Kebanyakan lulusan jurusan komputer saat ini apabila menjadi pegawai negeri hanya menjadi tukang ketik atau tukang bongkar-bongkar komputer, hal ini sangat berbeda jauh dengan materi perkuliahan yang sudah didapat , kalau hanya untuk bagian perbaikan komputer kenapa harus kuliah padahal untuk belajar perbaikan hanya memerlukan kursus 1 bulan coba bandingkan dengan kuliah S1 yang harus menghabiskan waktu minimal 4 tahun. Itulah gambaran lulusan jurusan komputer yang masih salah penggunaannya, atau memang lulusannya yang kurang bagus atau bisa juga memang sumber daya manusianya yang ada di kantor dari dinas-dinas dalam negeri yang masih belum mampu dan perlu dilakukan pengajaran atau tutorial?? Akan tetapi kebanyakan lulusan dari Kampus Teknologi Informasi di Budi Luhur menjadi programmer,,analis dan yang bersangkutan dengan teknik informatika dan sistem informasi.




Sejarah Fakultas Teknologi Informasi
Akademi Ilmu Komputer Budi Luhur yang berdiri sejak 1979 merupakan cikal bakal Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur atau Kampus Teknologi Informasi, pionir dalam bidang pendidikan informatika dan komputer. Mulai tahun 2000 yang merupakan tonggak masuknya milenium III, Fakultas Teknologi Informasi Universitas Budi Luhur memiliki komitmen untuk menghasilkan tenaga profesional di bidang Informatika dan Komputer, yang berbudi luhur, inovatif dan ber-adaptasi terhadap teknologi agar mampu bersaing di pasar global.
1979 Berdiri Akademi Ilmu Komputer (AIK) di Jl. Budi Utomo No. 11 Jakarta
1982 Berubah Menjadi Akademi Pengetahuan Komputer Budi Luhur
1984 Pindah dari Jl. Budi Utomo Jl. Ciledug Raya 99
1985 Berubah Menjadi AMIK Budi Luhur
  • Akademi Teknik Komputer (ATK) Budi Luhur
  • Akademi Akuntansi Komputer (AAK) Budi Luhur
1986 Bergabung menjadi (Sekolah Tinggi Pengetahuan Komputer) Budi Luhur
1987 Berubah menjadi STMIK Budi Luhur
2002 Menjadi Fakultas Teknologi Informasi

Teknologi Informasi
Berikut ini adalah rangkuman pelajaran-pelajaran dari Kampus Teknologi Informasi Budi Luhur.
Resume Pengantar TI 
1.      Data
Data merupakan sekumpulan fakta yang masih berupa barang mentah atau masih bersifat raw materials. Jenis data bisa berupa teks, gambar, audio, dan video.
Definisi formal dari data ialah representasi fakta dunia nyata yang mewakili suatu objek yang direkam dalam bentuk angka, huruf, simbol, teks, gambar, bunyi, maupun kombinasinya

2.      Informasi
Informasi ialah data yang saling berhubungan dan telah diolah menjadi lebih bermakna dan berguna bagi sang pengguna. Untuk menjadikan data yang bersifat raw materials atau barang mentah menjadi informasi, data perlu mengalami tahap premrosesan. Dimana setelah diproses informasi memiliki sifat Perfect (pasti) atau Imperfect (tidak pasti). Sumber – sumber informasi atau yg disebut data tadi berasal dari:
·         Observasi
·         Kuisioner
·         Event
·         Simulasi ataupun forecasting
·         Media massa
·         Alat telekomunikasi
·         Dll
Informasi yang baik ialah informasi yang memenuhi karakteristik:
·         Tepat waktu
·         Akurat
·         Mudah diakses
·         Fakta
·         Berhubungan
Dijaman modern ini banyak sekali orang yang bekerja di bidang penanganan informasi. Malah sekarang orang yang bekerja di bidang penanganan informasi jauh lebih banyak daripada bidang pertanian maupun industri. Segala informasi yang ada di Kampus Teknologi Informasi bisa di buka atau di akses ke website http://www.budiluhur.ac.id

3.      Teknologi Informasi
Teknologi ialah ilmu yang berkaitan dengan seni atau sains dengan pengaplikasian pengetahuan saintifik ke praktis dalam industi atau bisnis.
            Menurut kamus oxford (1995) TI adalah studi atau penggunaan peralatan elektronika, terutama komputer, untuk menyimpan , menganalisis, dan mendistribusikan informasi apa saja, termasuk kata – kata, bilangan, dan gambar. Tujuan TI ialah memecahkan masalah, membuka kreativitas, efektifitas dan efisiensi. Fungsi TI ialah menangkap (Capture), Mengolah (Processing), Menghasilkan (Generating), Menyimpan (Storage), Mengambil Kembali (Retrieval), Melakukan Transmisi (Transmission). Teknologi informasi diperlukan karena kompleksitas tugas, pengaruh globalisasi, perlunya respon cepat, persaingan bisnis, dan peningkatan pelayananan.

4.      Komponen TI
Komponen utama teknologi informasi ialah Hardware, Software, dan Brainware.
·         Hardware:
Hardware (perangkat keras), Merupakan peralatan fisik dari komputer yang dapat kita lihat dan rasakan. Seperti I/O Device, Storage Device, Monitor, Cassing Unit, dan CPU
·         Software:
Software (perangkat lunak), merupakan program-program komputer yang berguna untuk menjalankan suatu pekerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer. Seperti Sistem Operasi, Program Utility, Program Aplikasi, Program Paket, Low Level Language, Midle Level Language, dan High Level Language
·         Brainware (User):
User adalah personal-personal yang terlibat langsung dalam pemakaian komputer, seperti System analis, programmer, operator, user dll. Pada organisasi yang cukup besar, masalah komputerisasi biasanya ditangani oleh bagian khusus yang dikenal dengan bagian EDP (Electronick Data Processing)
·         Firmware:
Perangkat lunak yang “ditanamkan” ke perangkat keras secara semi-permanen
·         Infoware:
User manual, SOP, Cyber Law

0 komentar:

Posting Komentar

astore widget

You can replace this text by going to "Layout" and then "Page Elements" section. Edit " About "

Diberdayakan oleh Blogger.

Translate